Cara Menghilangkan Gugup Berlebihan

 

Cara Menghilangkan Gugup Berlebihan

 

Cara Menghilangkan Gugup Berlebihan

Keringat dingin, pipi merah, suara bergetar adalah beberapa contoh kondisi ketika seseorang sedang dalam keadaan gugup. Saat kita berada dalam kondisi diluar zona nyaman kita, emosi kita menjadi tidak stabil, pikiran mulai gelisah dan tubuh pun mulai mengindikasikan hal tersebut.

Menurut para ahli, hal-hal aneh yang dilakukan tubuh tersebut adalah normal. Namun tentunya hal ini membuat kita tambah tidak nyaman, dan orang lainpun akan mengetahui kegelisahan kita. Bagaimana menghilangkan gugup? Berikut ini beberapa tips dan trik mengatasi gugup atau gelisah.

 

Tips dan Trik Mengatasi Gugup atau Gelisah

Menghilangkan Blush

Blushing atau pipi memerah merupakan bentuk tanggapan yang berkaitan dengan stres atau emosi. 

Mengapa muka kita bisa memerah? 

  • Salah satu organ tubuh yang berfungsi mengontrol pelebaran pembuluh darah dipicu oleh stres atau emosi
  • Pembuluh darah melebar dan meningkatkan peredaran darah
  • Stres dan gelisah terpicu kalau Anda bernapas terlalu cepat

Lalu, bagaimana menghentikan blushing?

  1. Tarik napas panjang
  2. Hitung sampai tiga
  3. Hembuskan perlahan

 

Menahan Air Mata

Air mata disebabkan oleh rangsangan kegugupan. Kesedihan, rasa sakit, stres, dan marah bisa merangsang kelenjar yang memproduksi air mata.

Untuk menahan air mata agar tidak keluar, alihkan kegugupan dengan membuat sedikit rasa sakit di tubuh Anda (cubit kecil salah satu bagian tubuh).

Rasa nyeri di tubuh kita akan mengesampingkan rasa gelisah. Cara ini disebut disraction technique atau tehnik pengalihan.

 

Menenangkan Suara Bergetar

Suara yang bergetar berhubungan dengan symphatetic nervouse system. Ketika mengalami ini, hormon adrenalin terlepas yang menyebabkan otot dan suara bergetar. Kegelisahan hanya sentakan awal dari sistem tubuh dan tidak bertahan lama.

Pelajarilah trik pernapasan dan persiapan yang matang ketika harus berhadapan dengan banyak orang.

 

Menahan Tawa Kecil

Terkikik-kikik memang tanggapan yang tidak diinginkan dan bukan salah Anda. Saat Anda gugup dan bingung untuk bertindak secara tidak sengaja biasanya kita akan tertawa kecil atau terkikik-kikik.

Saat Anda mengalami hal ini, tarik nafas dan bayangkan tempat yang tenang sehingga otak Anda akan terlatih memberikan tanggapan lebih tepat saat berada di situasi yang aneh atau tidak nyaman.


Meremas Tangan

Ada sebagian orang yang menggigit kukunya saat merasakan gugup atau gelisah. Pegang dan remas tangan Anda dengan tangan satunya jika Anda mulai menggigiti kuku Anda. Anda juga bisa membantu untuk memegang tangan teman Anda yang biasa menggigiti kuku saat gugup. 

Cara ini juga bisa menjadi disraction technique atau tehnik pengalihan seperti yang sudah disebutkan di atas.


Selain beberapa cara di atas, Anda bisa berdoa agar gugup yang Anda rasakan menghilang dan yakinkan diri Anda bahwa mampu melewati zona tidak nyaman ini.


Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Gugup Berlebihan"