7 Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Secara Alami


7 Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Secara Alami


Anyang-anyangan merupakan kondisi dimana seseorang memiliki keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus. Penyakit ini bisa terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pada anak-anak hal ini membuatnya tidak nyaman dan kadang-kadang menjadi rewel.

Salah satu mitos penyebab anyang-anyangan yaitu karena minum air panas kemudian air dingin dengan selang waktu yang singkat. Terlepas dari mitos, bahwa anyangan-anyangan secara medis disebabkan karena infeksi saluran kemih dan juga bakteri. Oleh karena itu, cara yang sederhana mencegah anyang-anyangan dengan menjaga kebersihan dan rajin berolahraga.

Anyang-anyangan datang tanpa gejala dan tidak terlalu berbahaya. Biasanya akan sembuh sendiri tanpa pengobatan, tetapi ada juga yang lama sembuhnya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan dengan bahan alami.

7 Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Secara Alami

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan


1. Air Putih

Salah satu penyebab anyang-anyangan yaitu karena dehidrasi. Maka minumlah air putih saat mengalami anyang-anyangan. Anda juga bisa menggunakan air hangat dengan tambahan sedikit garam. Selain mengganti cairan, minum air putih juga bermanfaat untuk memperlancar saat buang air kecil.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis terkenal mempunyai jutaan manfaat. Kali ini jeruk dapat membantu mengatasi anyang-anyangan. Caranya yaitu siapkan 1 saja jeruk nipis lalu potong secara melintang. Kemudian peras airnya dan tampung dalam gelas. Tambahkan air hangat dan gula pasir sesuai selera. Terakhir minumkan pada anak atau pada Anda yang menderita anyang-anyangan.

3. Sirsak

Untuk mengatasi anyang-anyangan, Anda juga bisa menggunakan buah sirsak yang setengah matang. Pertama, kupaslah buah sirsak lalu rebus menggunakan 2 gelas air dengan api kecil. Biarkan sampai air tersisa 1 gelas. Terakhir ambil airnya dan minum air rebusan tersebut. Jangan lupa tambahkan gula secukupnya.

4. Daun Kumis Kucing

Meskipun sulit ditemukan, tanaman kumis kucing efektif untuk mengatasi anyang-anyangan. Caranya yaitu seduhlah daun kumis kucing yang sudah kering dengan air yang baru mendidih. Tambahkan gula jawa sesuai selera. Terakhir, minumlah selagi hangat.

Usahakanlah untuk selalu menyediakan daun kumis kucing kering di rumah. Karena jika sewaktu-waktu mengalami anyang-anyangan Anda bisa langsung menggunakannya.

5. Mengikat Jempol Kaki

Cara mengatasi anyang-anyangan yang satu ini cukup unik dan lucu. Secara logika memang tidak ada hubungannya. Tetap menurut pengalaman memang dapat dirasakan manfaatnya. Anda cukup mengikat salah satu jempol kaki dengan seutas tali.

6. Minyak Kayu putih

Untuk meringankan rasa sakit, Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih pada perut bawah pusar.

7. Berendam

Cara mengatasi anyang-anyangan yang terakhir yaitu dengan cara berendam. Anda cukup merendamkan kedua kaki dengan air dingin, bisa juga menggunakan air es. Hal ini dipercaya cukup efektif untuk mengatasi anyang-anyangan.

Demikianlah cara mengatasi anyang-anyangan secara alami. Tidak sulit kan ya? Setelah Anda melakukan pengobatan, tidak serta merta langsung sembuh karena semuanya membutuhkan proses. Jika anyang-anyangan pada tidak lekas sembuh, cobalah pergi ke dokter.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Secara Alami"