Makanan dan Pola Hidup Atasi Gula Darah Tinggi


Makanan dan Pola Hidup Atasi Gula Darah Tinggi


Salah satu dari berbagai hal buruk tentang diabetes adalah masuknya Anda ke lingkaran setan yang mewajibkan Anda berobat secara rutin dan terjebak dalam obesitas.

Gejala klasik kadar glukosa darah tinggi adalah mudah haus, sering buang air, mulut kering, mudah lelah atau lesu, dan mudah merasa tidak nyaman.

Sebaiknya konsultasi dengan dokter Anda sebelum mengubah pola diet Anda, dan selalu kontrol  glukosa darah untuk mencegah gula darah rendah.

Makanan dan Pola Hidup Atasi Gula Darah Tinggi

Berikut adalah beberapa saran yang dapat dilakukan.

 1. Olahraga

Menurunkan berat badan adalah jawaban untuk banyak masalah kesehatan. Dalam kasus penderita diabetes, dalam jangka waktu panjang olahraga dapat mengurangi konsumsi obat untuk mengontrol berat badan. Sementara manfaat jangka pendeknya adalah menurunkan gula darah Anda.

2. Makan Kayu Manis

Kayu manis telah terbukti mengurangi gula darah, meskipun tidak efektif pada wanita pasca-menopause. Taburkan beberapa sendok teh bubuk kayu manis pada yoghurt Anda.

3. Melakukan Pernapasan Sederhana, Rileks

Situasi stres dapat melepaskan hormon yang akan meningkatkan gula darah Anda (PDF). Jika Anda merasa cemas, minumlah secangkir teh, minum dengan perlahan, santai berjalan, dan tarik napas dalam.

4. Kurangi Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Untuk orang dengan diabetes tipe 2 yang kelebihan berat badan, kehilangan 5% sampai 10% dari total berat badan dapat secara dramatis meningkatkan nilai glukosa darah. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah, yaitu makanan yang tidak meningkatkan gula darah dengan cepat atau secara dramatis, dapat membantu untuk membawa glukosa darah kembali ke kisaran normal.

Untuk menguji efek glikemik makanan pada tubuh, Anda perlu melakukan pemantauan lebih sering. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin membandingkan efek beras merah dibandingkan kentang panggang dengan makan jumlah karbohidrat setara makanan ini pada saat makan malam dan membandingkan respon glukosa darah Anda dua jam kemudian.

Beberapa contoh makanan dengan indeks glikemik rendah adalah kacang kering. Efek yang tepat akan bervariasi dari orang ke orang.

5. Makan Lebih Banyak Serat

Serat membersihkan percernaan Anda dan dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Kebanyakan sayuran tinggi serat memiliki ciri berdaun hijau. Banyak buah-buahan dan kacang-kacangan yang kaya serat, termasuk produk gandum.

6. Konsumsi Ikan Dua Kali Seminggu atau Lebih Sering

Ikan tinggi akan protein, yang tidak mempengaruhi gula darah sebanyak karbohidrat. Ikan juga memiliki lebih sedikit lemak dan kolesterol daripada daging dan unggas. Banyak jenis ikan, termasuk ikan salmon, makarel, dan ikan haring memiliki tingkat omega-3 dan asam lemak tinggi yang rendah lemak atau trigliserida. Ini bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

7. Konsumsi Oatmeal

Oatmeal tanpa gula dapat membantu mengontrol gula darah sambil memberikan tubuh Anda energi yang dibutuhkan.

8. Minum Lebih Banyak Air

Soda dan jus manis meningkatkan gula darah dengan cepat. Gantilah minuman ini dengan air, air mineral dapat dengan cepat mengurangi kandungan gula di tubuh Anda. Cobalah untuk minum 6-8 gelas air sehari untuk memastikan bahwa Anda cukup terhidrasi.

Demikianlah beberapa jenis makanan serta pola hidup yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gula darah tinggi. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Makanan dan Pola Hidup Atasi Gula Darah Tinggi"