10.000 Langkah Untuk Hidup Lebih Baik


10.000 Langkah Untuk Hidup Lebih Baik


Pernahkah Anda mendengar atau mungkin menjalani tantangan 10.000 langkah per hari? Ternyata manfaat berjalan minimal 10.000 langkah tiap harinya tidak main-main. Para peneliti membuat patokkan 10.000 langkah dengan alasan agar mendapat manfaat dari berjalan paling maksimal.

Bayangkan saja, dengan berjalan sebanyak 10.000 langkah per hari selama satu minggu saja, Anda bisa mengurangi berat badan sampai setengah kilogram. Luar biasa bukan?

Para dokter pun menyarankan bagi para pasiennya yang malas berolahraga agar mulai dengan berjalan kaki saja. Mengapa? Berjalan adalah salah satu bentuk olahraga yang memiliki resiko cidera paling kecil, selain itu gerakannya mudah, dan yang terpenting adalah gratis.

10.000 Langkah Untuk Hidup Lebih Baik

Berjalan termasuk ke dalam olahraga aerobik. Olahraga ini memiliki manfaat langsung bagi tubuh seperti menurunkan tekanan darah, membakar kolesterol, membantu Anda menurunkan berat badan, menjaga kesehatan organjantung dan paru, serta memperkuat otot dan tulang.

Tidak hanya sampai di situ saja, jalan kaki juga dapat membantu menurunkan risiko stroke, diabetes, osteoporosis, osteoartritis, serta membantu mengurangi tekanan darah pada beberapa orang dengan hipertensi.

Selain itu, berjalan kaki juga dapat meningkatkan mood Anda. Pergerakan tubuh terutama di bagian kaki bisa membuat mental Anda menjadi lebih sehat, dengan begitu emosi Anda akan lebih terjaga. Manfaat ini sangat cocok bagi Anda yang mungkin sedang dilanda stress.

Untuk permulaan, Anda bisa berjalan selama 30 menit per harinya. Tidak terlalu lama memang, namun manfaatnya akan tetap terasa. Anda juga bisa membeli pedometer atau mendownloadnya melalui smartphone Anda. Pedometer adalah alat yang dapat menghitung jumlah langkah yang telah dilakukan oleh penggunanya. Ingat, 10.000 langkah tiap hari adalah target Anda.

Apakah harus 10.000 langkah?

Ternyata, meskipun tidak mencapai 10.000 langkah, berjalan kaki dengan jumlah kurang dari itu masih tetap bermanfaat bagi kesehatan. Yang terpenting, biasakan berjalan kaki secara teratur setiap harinya

Anda dapat mengurangi menggunakan kendaraan dan menggantinya dengan berjalan kaki jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Atau, Anda dapat meluapkan hobi belanja Anda sambil berjalan-jalan keliling mal.

Bagi Anda yang juga senang melakukan olahraga lain seperti basket, sepak bola, atau renang, berjalan dapat menjadi salah satu alternatif pemanasan. Mulailah melangkah dan mendapatkan manfaat kesehatan yang sangat signifikan hanya dari sekedar berjalan kaki saja.


Posting Komentar untuk "10.000 Langkah Untuk Hidup Lebih Baik"