40 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Dalam Jumlah Tinggi


40 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Dalam Jumlah Tinggi


Vitamin A atau vit A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan peran penting dalam menjaga penglihatan, pertumbuhan tubuh, fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan reproduksi.

Mengkonsumsi vitamin A dalam jumlah yang cukup, dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan seperti rambut rontok, masalah kulit, mata kering, rabun senja dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.

Kekurangan vitamin A menjadi salah satu penyebab utama kebutaan di beberapa negara tertinggal dan negara berkembang. Untuk itu, memenuhi kebutuhan harian vit A sangat penting bagi kita. 

40 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Dalam Jumlah Tinggi

Kebutuhan harian / Daily value (DV) vit A untuk pria dewasa adalah 900 mcg dan 700 mcg untuk wanita dewasa, serta 300-600 mcg untuk anak-anak dan remaja.

Vitamin A dapat kita temukan di dalam makanan yang kita konsumsi. Diantara banyaknya sumber vitamin ini, berikut makanan yang mengandung vit A dalam jumlah tinggi seperti yang dilansir dari healthline.

20 Makanan Hewani Yang Mengandung Vitamin A Dalam Jumlah Tinggi



Vitamin A1 atau retinol, hanya ditemukan dalam makanan yang bersumber dari hewan, seperti ikan berminyak, hati, keju dan mentega.

Cod Liver Oil

Selain sumber vitamin D paling tinggi, minyak hati ikan kod atau Cod Liver Oil merupakan sumber vit A yang sangat tinggi. Tiap 100 gram Cod Liver Oil menyediakan 30.000 mcg vit A atau setara dengan 3.333% dari kebutuhan harian.

Daging Sapi

Dalam 100 gram daging sapi mengandung 9.442 mcg vit A atau mencukupi kebutuhan harian vit A hingga 1.049%.

Liverwurst

Liverwurst atau sosis hati merupakan sosis yang terbuat dari hati. Makanan ini dikonsumsi oleh orang-orang eropa. Pada liverwurst terkandung 8.384 mcg vit A tiap 100 gramnya, atau setara dengan 923% DV.

Lamb Liver

Lamb liver atau hati domba ternyata mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Pada 100 gram hati domba, kita dapat memperoleh 7.491 mcg vit A atau kita telah memenuhi 832% kebutuhan harian vit A.

Goose Liver

Goose liver atau hati angsa merupakan makanan mewah namun sedikit kontroversial di Eropa. Terlepas dari itu, dari 100 gram hati angsa terdapat 1,001 mcg vit A (111% DV).

Bluefin Tuna

Bluefin Tuna atau tuna sirip biru merupakan salah satu ikan dengan harga yang sangat mahal karena ukurannya yang sangat besar dan kaya akan nutrisi, salah satunya yaitu vit A. 100 gram bluefin tuna mengansung 757 mcg (84% DV) vit A.

Mentega
Olahan susu satu ini mengandung 684 mcg vit A, atau telah memenuhi 76% kebutuhan harian vit A tiap 100 gramnya.

Keju Kambing

Keju kambing merupakan keju yang terbuat dari susu kambing. Tiap 100 gram keju kambing menyediakan 407 mcg vit A atau memenuhi 45% kebutuhan harian vit A.

Keju Limburger

Keju limburger atau sering disebut juga dengan keju bata karena bentuknya yang seperti batu bata merupakan keju lembut yang berasal dari susu sapi. Dibalik baunya yang sangat menyengat, keju ini kaya akan vitamin A. Tiap 100 gramnya mengandung 340 mcg vit A (38% DV).

Cheddar

Keju keras dari susu sapi ini tiap 100 gramnya mengandung 330 mcg atau mampu memenuhi 37% kebutuhan harian akan vit A.

Keju Krim

Keju krim merupakan keju lembut mirip mentega, berwarna putih dengan rasa yang gurih. Keju jenis ini mengandung 308 mcg vit A per 100 gramnya (34% DV).

Keju Roquefort

Keju requefort merupakan keju asal Prancis yang terbuat dari susu domba. Keju requefort ini memiliki banyak nutrisi di dalamnya, termasuk vit A sebesar 294 mcg tiap 100 gramnya (33% DV).

Kaviar

Kaviar merupakan makanan yang terbuat dari telur ikan tertentu, umunya dari ikan sturgeon. Makanan yang termasuk dalam menu mewah ini setiap 100 gramnya menyediakan 271 mcg vit A (30% DV).

King Mackerel

Dari king mackerel atau tenggiri Amerika kita dapat memenuhi 28% kebutuhan harian vit A karena tiap 100 gram king makarel, terdapat 252 mcg vit A.

Camembert

Camembert merupakan keju lunak yang terbuat dari susu sapi mentah, berasal dari daerah Normandy, Prancis. Terdapat 241 mcg vit A per 100 gram dari keju jenis ini (27% DV).

Blue Cheese

Tiap 100 gram keju dengan tampilan menawan dan aroma kuat ini menyimpan 198 mcg vit A, atau setara dengan 22% kebutuhan harian akan vit A.

Telur Rebus

Dalam telur rebus yang memiliki berat 100 gram terdapat 149 mcg vit A, yang memenuhi 17% kebutuhan harian vit A.

Salmon

Ikan salmon mengandung 149 mcg atau 17% kebutuhan harian vit A per 100 gram.

Keju Feta

Keju Feta adalah keju Yunani yang dibuat dari susu kambing dan domba. Tiap 100 gram keju Feta menyediakan 125 mcg vit A (14% DV).

Trout

Ikan Trout merupakan jenis ikan air tawar yang paling banyak nutrisinya. Dalam 100 gram ikan trout, kita dapat memenuhi 11% kebutuhan harian vit A (100 mcg)

10 Sayuran Tinggi Provitamin A


10 Sayuran Tinggi Provitamin A

Tubuh kita dapat menghasilkan vitamin A dari karotenoid yang ada pada sayuran. Bagian dari karotenoid ini yaitu alfa-karoten dan beta-karoten, yang secara kolektif dikenal sebagai provitamin A.

Namun, kemampuan setiap Individu dalam mengubah provitamin ini berbeda-beda. Sekitar 45% orang membawa mutasi genetik yang secara signifikan mengurangi kemampuan mereka untuk mengubah provitamin A menjadi vitamin A. Sehingga, vit A yang Anda peroleh bisa jadi jauh lebih sedikit dari yang terdapat dalam sayuran.

Ubi Jalar

Ubi jalar yang sudah dimasak mengandung 1,043 mcg per 100 gramnya, atau sudah mampu memenuhi 116% kebutuhan harian kita akan vit A.

Wortel

Jika sedang membahas vitamin A, kita pasti akan teringat sayuran satu ini. Wortel bisa dibilang sebagai maskot sayuran yang kaya akan vit A. Wortel matang menyediakan 852 mcg vit A tiap 100 gramnya (95% DV).

Kale

Kale terkenal sebagai sayuran paling mengandung banyak nutrisi dibandingkan sayuran lainnya, termasuk vitamin A. Dari 100 gram kale matang, kita bisa memenuhi 76% kebutuhan harian vit A. 100 gram kale matang mengandung 681 mcg vit A.

Labu Manis

Labu manis seperti labu madu, labu kuning dan jenis labu manis yang dikonsumsi ketika matang atau tua lainnya kaya akan vitamin A. Dalam 100 gram labu manis matang, kita dapat memperoleh 558 mcg atau 62% kebutuhan harian vit A.

Bayam

Beriringan dengan kale, bayam juga sarat akan nutrisi, salah satunya yaitu vitamin A. Tiap 100 gram bayam mentah menyediakan 469 mcg vit A, yang berarti telah memenuhi 52% kebutuhan harian vit A.

Selada Romaine

Selada romaine menyediakan vitamin A yang tinggi, yaitu tiap 100 gram selada romaine mentah mengandung 436 mcg vit A (48% DV). Namun pada tahun 2018 yang lalu, terjadi wabah bakteri E. Coli yang ditemukan pada sayur ini, sehingga sayuran dengan nutrisi tinggi ini dilarang dikonsumsi.

Turnip 

Turnip merupakan tanaman sayur berumbi sejenis lobak. 100 gram daun turnip yang sudah dimasak mengandung 381 mcg vit A atau memenuhi 42% kebutuhan harian akan vit A.

Collard

Collard merupakan sayuran dari famili kubis yang tampilannya mirip sawi. Collard yang sudah dimasak menyediakan 380 mcg vit A tiap 100 gramnya (42% DV).

Swiss Chard

Meskipun namanya mengandung kata “Swiss”, ternyata sayuran satu ini bukan berasal dari negara tersebut. Swiss chard merupakan sayuran sejenis sawi dengan batang yang berwarna warni, berasal dari wilayah Mediterania. Swiss chard kaya akan vitamin A. Tiap 100 gram swiss chard mentah mengandung 306 mcg vit A (34% DV).

Paprika Merah

Selain kaya akan vitamin C, paprika merah juga kayak akan vitamin A. Dalam 100 gram paprika merah mentah, mengandung 157 mcg vit A (17% DV).

10 Buah Tinggi Provitamin A



Provitamin A umumnya lebih banyak ditemukan pada sayuran daripada buah-buahan. Tetapi beberapa jenis buah berikut ini mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi.

Blewah

Buah blewah mengandung 169 mcg vit A atau mampu memenuhi 19% kebutuhan harian akan vitA dari 100 gram buah ini.

Aprikot

100 gram buah apricot menyediakan 96 mcg vit A atau setara dengan 11% kebutuhan harian vit A.

Markisa

Kita bisa memenuhi 7% kebutuhan harian vit A dari 100 gram buah markisa yang mengandung 64 mcg vit A.

Anggur Merah

Dalam 100 gram buah anggur merah, terdapat kandungan vit A sebanyak 58 mcg (6% DV).

Mangga

Meski tak sebanyak kandungan vitamin C-nya, buah mangga juga mengandung vit A sebanyak 54 mcg per 100 gramnya. Dengan jumlah ini, kita bisa memenuhi 6% dari kebutuhan harian vit A.

Pepaya

Pada 100 gram Buah pepaya, kita bisa memperoleh 47 mcg vit A atau 5% kebutuhan harian akan vit A.

Jeruk Keprok

Jenis jeruk satu ini dapat memenuhi 4% kebutuhan harian vit A tiap 100 gramnya. 100 gram jeruk keprok mengandung 34 mcg vit A.

Jambu Biji

Jambu biji mengandung 31 mcg vit A per 100 gramnya (3% DV).

Semangka

Pada 100 gram buah semangka, terdapat 28 mcg vit A (3% DV).

Nektarin

Buah yang mirip dengan persik ini mengandung vit A sebanyak 17 mcg per 100 gramnya (2% DV).

Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin A?

Kita dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan vitamin A dengan mengonsumsi beberapa makanan yang tercantum dalam artikel ini secara teratur. Selain daftar makanan di atas, ada juga makanan yang mengandung vit A tambahan, seperti sereal, margarin dan produk susu.

Karena vitamin ini larut dalam lemak, maka akan lebih efisien diserap ke dalam aliran darah ketika dimakan dengan lemak. Sebagian besar makanan hewani yang kaya akan vit A juga tinggi lemak, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk sebagian besar makanan nabati provitamin A. Anda dapat meningkatkan penyerapan provitamin A dari makanan nabati dengan menambahkan sedikit minyak ke dalam sayuran Anda.

Namun, seperti yang disebutkan di atas, beberapa orang memiliki mutasi genetik yang membuat konversi provitamin A menjadi vitamin A jauh lebih efisien. Karena itu, bagi Anda yang hanya mengonsumsi makanan nabati, diharuskan mengonsumsi suplemen atau pastikan untuk makan banyak buah dan sayuran yang tercantum di atas.


Posting Komentar untuk "40 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Dalam Jumlah Tinggi"