20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Mujarab

20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Mujarab


Sakit gigi merupakan hal yang kecil namun sangat menyakitkan. Akibat sakit gigi ini aktivitas menjadi terganggung, seperti makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, mood menjadi buruk, bahkan terkadang menyebabkan sakit kepala dan telinga juga.

Sakit gigi ini umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, namun ada juga yang disebabkan karena gigi yang hendak tanggal atau saat akan tumbuh gigi baru.

20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Mujarab

Ada banyak faktor yang menyebabkan gigi berlubang, diantaranya yaitu cara menyikat gigi yang salah, jarang menyikat gigi, penggunaan alat menyikat gigi yang salah, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis serta karies gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Cara menyikat gigi yang salah

Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari jika cara menyikat gigi yang kita lakukan salah, yang penting menyikat gigi sudah cukup. Hal ini tidaklah benar.

Jika kita tidak menyikat gigi dengan baik, sisa makanan yang tertinggal di sela gigi tidak akan hilang. Kuman-kuman yang ada pada sisa makanan inilah yang menyebabkan gigi berlubang.

Sikatlah gigi dengan benar dan menyeluruh selama 2 menit.

Jarang menyikat gigi

Jarang menyikat gigi juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Jika gigi kita jarang dibersihkan, kuman dan bakteri yang ada di sisa-sisa makanan akan berkembang biak dan menyebabkan gigi berlubang.

Lakukan kegiatan menyikat gigi 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

Penggunaan alat menyikat gigi yang salah

Menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai dengan kita ternyata juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Misalnya, penggunaan sikat gigi yang besar pada mulut yang kecil.

Sikat gigi tersebut tidak bisa menjangkau semua bagian gigi dengan sempurna, sisa makanan yang tertinggal di sela gigi pun tidak terbasmi dengan baik.

Penyebab sakit gigi - penggunaan alat menyikat gigi yang salah

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Memakan makanan manis memang nikmat, tetapi jika terlalu banyak akan menyebabkan gigi berlubang. Ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri semakin nyaman bersarang di mulut kita.

Bakteri yang berkembang akan mengubah sisa makanan dan gula menjadi asam yang kemudian secara perlahan mulai merusak lapisan gigi.

Karies gigi

Karies gigi dan gigi berlubang kadang tidak dapat dibedakan karena sama-sama memiliki ciri adanya lubang di gigi. Sebenarnya karies gigi ini merupakan awal dari gigi berlubang.

Karies gigi adalah kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara betahap. Jika tidak diatasi, hal ini akan menjadi menyebabkan gigi berlubang.


Cara praktis menghentikan sakit gigi yang berlubang yaitu dengan mencabut atau menambal gigi tersebut. Namun, dokter tidak akan melakukan tindakan apapun jika gigi tersebut dalam keadaan sakit. Anda akan disarankan untuk kembali lagi di lain waktu bila rasa nyerinya sudah berhenti.

Selama menunggu jadwal konsultasi ke dokter, Anda dapat mengobati sakit gigi sementara dengan berbagai macam obat alami atau obat medis yang dapat ditemukan di sekitar Anda dan di Apotek.

4 Obat Pereda Sakit Gigi

Hidrogen Peroksida 3%

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang sering dijadikan obat kumur untuk membunuh bakteri penyebab radang gusi. Selain itu, antiseptic ini dapat mengusir bau mulut karena infeksi gusi.

Larutkan hidrogen peroksida dengan air, kemudian kumur-kumur selama 30 detik. Setelahnya segera buang dan kumur lagi menggunakan air bersih.

Pastikan untuk melarutkan cairan ini dengan air, karena bentuk murninya dapat melukai mulut dan gusi.

Paracetamol

Selain menurunkan demam dan meringankan sakit kepala, paracetamol juga dapat meredakan nyeri akibat peradangan.

Minum paracetamol sesuai dengan petunjuk pada label kemasan. Melebihkan dosis tidak terbukti lebih efektif, bahkan bisa overdosis.

4 Obat Pereda Sakit Gigi

Ibuprofen

Sama seperti paracetamol, ibuprofen juga tergolong NSAID yang dapat mengobati sakit gigi beserta masalah penyerta lainnya. Namun, hindari mengkonsumsi ibuprofen saat perut kosong karena akan melukai lambung.

Minum ibuprofen sesuai dengan petunjuk. Jika rasa sakit sudah hilang, sebaiknya segera hentikan penggunaan obat ini.

Naproxen

Naproxen merupakan obat pereda nyeri yang juga dapat meringankan sakit gigi. Tetapi hati-hati dengan efek samping obat ini. Beberapa efek samping umum yang sering kali terjadi saat meminum obat ini yaitu mulas ringan, perut kembung, sakit perut, diare, sembelit, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur.

Apabila Anda disarankan menjalani operasi gigi seperti mencabut gigi, beri tahu dokter terlebih dahulu bahwa Anda sedang rutin mengonsumsi naproxen.

16 Obat Alami Sakit Gigi

Bila Anda ingin mengurangi mengkonsumsi obat-obatan medis, Anda dapat mencoba beberapa obat sakit gigi tradisional dan alami berikut ini.

16 Obat Alami Sakit Gigi

Garam

Berkumur dengan air garam dapat mengobati sakit gigi dengan cepat dan ampuh. Kandungan sodium yang tinggi pada garam dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang dan bau mulut.

Air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan akibat infeksi.

Larutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (250 ml). Kumur-kumur air larutan dan tahan selama 20-30 detik, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Ulangi sekali lagi.

Es Batu

Gunakan es batu untuk mengompres gigi yang sakit. Masukan beberapa bongkah es batu ke dalam plastik, lapisi dengan waslap tipis. Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit atau langsung ke permukaan gigi yang ngilu selama 15 menit.

Cara ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu pada gigi yang berlubang tak lagi terasa.

Selain itu, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit gigi dengan menggunakan kompres es batu. Pijat area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres tersebut. Pastikan tangan yang dipijat ini di sisi yang sama dengan gigi yang ngilu.

Pada area ini terdapat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan dingin, hal ini akan mengalahkan sinyal rasa sakit dari gigi.

Bawang Merah

Bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang efektif membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya.

Anda dapat mengunyah atau menumbuk halus 1 siung bawang mentah, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Anda dapat menambahkan ¼ sdt garam pada kompres bawang tersebut.

Cuka

Cuka dapur atau cuka apel dapat digunakan sebagai obat sakit gigi yang mujarab. Cuka memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Larutkan ½ sdt cuka di dalam segelas air hangat. Kumur-kumur dan tahan di daerah yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.

Jika Anda tidak kuat dengan rasa asam dari cuka, Anda bisa meneteskan cuka pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Setelah itu, segera berkumur dan sikat gigi.

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dapat membatu “mematikan saraf” sementara karena memiliki kandungan senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami.

Namun dalam penggunaan minyak cengkeh ini kita harus hati-hati, bila sembarang menuang minyak di mulut dan menetes ke lidah atau gusi yang sensitif, bisa-bisa rasa sakitnya semakin parah.

Tuangkan minyak cengkeh pada kapas terlebih dahulu, kemudian tempelkan di gigi yang sakit sampai rasa sakitnya mereda. Setelahnya, berkumur hingga mulut bersih dari sisa cengkeh.

Selain minyak cengkeh, Anda juga bisa menggunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh. Tahan cengkeh pada gigi yang sakit, lalu berkumur.

Daun jambu

Daun jambu merah ataupun daun jambu biji dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik).

Sedangkan, pada daun jambu biji terdapat sifat antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat.

Kunyah satu atau dua lembar daun jambu sampai keluar ekstrak airnya, konsentrasikan ekstrak air tersebut pada gigi yang sakit.

Jika dirasa sulit, daun jambu dapat direbus dengan segelas air, tambahkan sedikit garam. Gunakan air rebusan yang sudah dingin sebagai obat kumur.

Lemon

Asam sitrat yang terdapat dalam lemon memiliki kemampuan sebagai antibakteri yang ampuh membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang.

Peras sebuah lemon ke dalam segelas air hangat, kumur-kumur menggunakan larutan tersebut 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga efektif membasmi bakteri dalam mulut seperti lemon. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan ke dalam segelas air hangat, kemudian gunakan sebagai obat kumur.

Belimbing Wuluh

Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang dapat membasmi bakteri dalam mulut.

Tumbuk halus 2 biji belimbing wuluh mentah, lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Daun Sirih

Daun sirih merupakan herbal yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu sakit gigi.

Daun sirih dapat menguatkan gigi, menghilangkan bau mulut, menghentikan pendarahan pada gusi, serta sebagai antiseptik alami.

Anda dapat mengunyah daun sirih atau berkumur dengan rebusan daun ini.

Asam jawa

Asam jawa juga dapat digunakan sebagai antiseptic alami yang dapat menyembuhkan sakit gigi.

Cara penggunaannya yaitu dengan menyangrai biji asam jawa lalu ditempelkan pada gigi yang sakit.

Merica

Merica dapt mengobati sakit gigi karena mengandung sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik property.

Campurkan merica dan garam, lalu tuang sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pada gigi yang sakit.

Serai

Serai dapat mengobati sakit gigi serta mencegah pembengkakan gusi. Caranya yaitu dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air, biarkan hingga air berkurang. Gunakan air rebusan sebagai obat kumur.

Jahe

Jahe mengandung antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Cara penggunaannya yaitu dengan memarut 1 ruas jahe, peras airnya dan gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

Getah Jarak

Selain dapat menyembuhkan sariawan, getah jarak juga dapat menyembuhkan sakit gigi yaitu dengan cara meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.

Air Kelapa

Berkumur dengan air kelapa setiap selesai menggosok gigi dapat menyembuhkan sakit gigi, karena air kelapa merupakan antiseptic alami.


Itulah obat-obatan maupun herbal yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Anda dapat mencoba cara mana yang cocok dengan Anda.

Namun, jika cara tersebut masih tidak dapat menyembuhkan sakit gigi Anda, mungkin gigi tersebut harus diberi prosedur medis tertentu seperti pembersihan karang gigi (scaling), menambal gigi, perawatan saluran akar gigi (root canal), atau bahkan mencabutnya.





Posting Komentar untuk "20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Mujarab"