20 Makanan Yang Mengandung Vitamin K Dalam Jumlah Tinggi


20 Makanan Yang Mengandung Vitamin K Dalam Jumlah Tinggi



Vitamin K atau vit K merupakan nutrisi penting yang memainkan peran vital dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang dan jantung.

Meskipun kekurangan vitamin K jarang terjadi, asupan yang kurang optimal dapat mengganggu kesehatan kita seiring waktu. Asupan yang tidak memadai dapat menyebabkan pendarahan, melemahkan tulang dan berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Untuk itu, kita harus memastikan tubuh kita mendapatkan cukup vitamin K. Nilai harian/ Daily Value (DV) vitamin K yang dibutuhkan per hari nya adalah 55-65 mcg.

Dokter Atli Arnarson, PhD ahli nutrisi Amerika dalam artikelnya di healthline menyebutkan ada 20 makanan yang mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi.

20 Makanan Yang Kaya Akan Vitamin K

Vitamin K merupakan kelompok senyawa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu vitamin K1 (phylloquinone) dan vitamin K2 (menaquinone).

Vit K dapat kita peroleh dari makanan herbal. Vitamin K1 yaitu bentuk vitamin K yang paling umum, dapat ditemukan dalam makanan nabati, terutama sayuran hijau gelap. Berbeda dengan vitamin K2 yang hanya dapat ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan seperti daging, ikan, telur dan susu, serta makanan nabati yang difermentasi seperti natto. Selain itu, dalam jumlah kecil, vitamin K dapat diproduksi oleh bakteri dalam usus.

20 makanan berikut ini adalah sumber vit K yang sangat baik untuk kita konsumsi.

1. Kale


Kale Mengandung Vitamin K Dalam Jumlah Tinggi







Sayuran hijau satu ini sangat kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi. Dalam setengah cangkir kale mengandung 531 mcg vit K.

2. Natto


Natto Kaya Vitamin K

Dibalik bau yang menyengat makanan fermentasi kacang kedelai khas Jepang ini, terdapat kandungan vit K yang sangat tinggi. ¼ gelas natto mengandung 500 mcg vit K.

3. Chard








Vitamin K Dalam Chard







Sayuran satu ini masih agak asing ditelinga orang Indonesia dibandingkan dengan sayur Kale. Namun sayur chard atau swiss chard juga kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Dalam selembar daun chard terdapat 398 mcg vit K.

4. Sawi Hijau

Sawi tentunya termasuk sayuran populer di daerah kita. Ternyata, sayuran hijau satu ini mengandung 386 mcg vit K dalam setengah cangkirnya.

5. Daun Bit


Daun Beet Kaya Vitamin

Banyak yang tidak tahu bahwa bit tidak hanya ubinya yang kaya akan vitamin, namun juga daunnya dapat dijadikan sayur yang menyehatkan. Setengah cangkir daun bit yang sudah dimasak mengandung 349 mcg vit K.

6. Peterseli


Peterseli Tinggi Vit K

Penyedap makanan yang sering disamakan dengan seledri ini dalam setangkai batang dan daunnya mengandung 164 mcg vit K.

7. Bayam

Sudah bukan rahasia lagi jika sayuran satu ini mengandung banyak nutrisi. Selain kaya akan serat dan vitamin A, bayam juga mengandung vitamin K yang sangat tinggi. Dalam satu gelas sayur bayam, terdapat 145 mcg vit K.

8. Brokoli

Sayur yang kembar tapi beda dengan kembang kol ini sering diidentikan sebagai sayuran sehat. Hal ini tidak salah. Ada banyak kandungan gizi dalam sayur hijau ini, diantaranya serat, kalori, lemak, protein, karbohidrat dan vitamin C. Tidak hanya itu, ternyata brokoli menyimpan 110 mcg vit K dalam setengah cangkirnya.

9. Kubis

Selain Brokoli, dari suku kubis-kubisan yang kaya akan kandungan vitamin K adalah kubis atau kol. Dalam setengah cangkir kubis yang sudah dimasak, terdapat kandungan vit K sebanyak 82 mcg.

10. Hati Sapi

Bagian dari tubuh sapi yang paling enak dimakan salah satunya adalah bagian hati. Selain enak, ternyata hati sapi mengandung vitamin K yang tinggi. Dalam satu iris hati sapi, terdapat 72 mcg vit K.

11. Ayam

Ayam merupakan salah satu lauk dengan rasa yang enak dan terjangkau bagi seluruh kalangan. Di dalam 3 ons daging ayam, terdapat kandungan vit K sebanyak 51 mcg.

12. Hati Angsa








Liver goose atau hati angsa


Di Indonesia, olahan angsa masih kalah populer dengan bebek dan itik. Namun, di Perancis, olahan angsa terutama bagian hatinya dihargai dengan sangat mahal. Dalam satu sendok makan hati angsa, terkandung 48 mcg vit K.

13. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang sangat umum dikonsumsi dengan berbagai macam olahan. Dalam setengah cangkir kacang hijau mengandung vit K sebanyak 30 mcg.


14. Prune


Prune atau plum kering

Prune atau plum kering sangat populer diantara pegiat diet. Selain dianjurkan bagi yang ingin berbadan langsing, sebenarnya plum kering ini baik dikonsumsi bagi kita yang ingin memenuhi kebutuhan harian kita akan vitamin K. Dari 5 buah plum kering, kita bisa mendapatkan 28 mcg vit K.

15. Kiwi

Kiwi memiliki kandungan vitamin K lebih banyak dibandingkan beri-berian lainnya. Dari 1 buah kiwi, kita dapat memperoleh vit K sebanyak 28 mcg.

16. Minyak Kedelai

Minyak yang dihasilkan dari kacang kedelai ini merupakan salah satu minyak goreng yang paling banyak digunakan.  Di dalam satu sendok makan minyak kedelai, terdapat 25 mcg vit K.

17. Keju Keras

Dibandingkan dengan susu, vitamin K lebih banyak terdapat di keju. Jenis keju dengan kandungan vit K yang tinggi dapat ditemukan di keju keras. 1 ons keju keras mengandung 25 mcg vit K.

18. Alpukat

Selain baik untuk kulit, ternyata alpukat atau avokad juga baik untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang dan jantung. Karena, di dalam setengah buah alpukat yang berukuran sedang terdapat 21 mcg vit K.

19. Kacang Kedelai

Selain olahan minyaknya, kacang kedelai sendiri juga mengandung vit K sebanyak 16 mcg per setengah cangkir.

20. Tauge

Kecambah kacang hijau atau yang lebih kita kenal dengan tauge ini mengandung vit K sebanyak 14 mcg dalam setengah cangkirnya.


Itulah 20 Makanan Yang Mengandung Vitamin K Dalam Jumlah Tinggi yang dapat kita konsumsi sehari-hari. Meski tak disebutkan, setiap sayuran hijau terutama yang berdaun seperti kangkung, selada dan daun bawang merupakan sumber tinggi vitamin K.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari vitamin K dalam makanan nabati, kita bisa menggunakan sedikit minyak kedalam sayuran, karena vitamin K larut dalam lemak dan mungkin lebih baik diserap ketika dikombinasikan dengan lemak.

Posting Komentar untuk "20 Makanan Yang Mengandung Vitamin K Dalam Jumlah Tinggi"