20 Makanan Yang Mengandung Vitamin C Dalam Jumlah Tinggi

20 Makanan Yang Mengandung Vitamin C Dalam Jumlah Tinggi


Vitamin C atau vit C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini dapat ditemukan dalam makanan, terutama buah-buahan dan sayuran.

Vitamin C terkenal sebagai antioksidan kuat, serta memiliki efek positif pada kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, vit C penting untuk sintesis kolagen, pembuluh darah kecil, jaringan ikat, serta gigi dan tulang.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Nilai harian (DV) vit C yang dibutuhkan pria adalah 90 mg dan wanita sebanyak 75 mg.

20 Makanan Yang Mengandung Vitamin C Dalam Jumlah Tinggi

Dilansir dari healthline, Ahli nutrisi Amerika Caroline Hill, MHumNutr, BSc mengungkapkan gejala kekurangan vitamin C diantaranya yaitu gusi berdarah, sering memar dan infeksi, penyembuhan luka yang lama, anemia dan penyakit kudis.

Berikut adalah 20 makanan yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi.

20 Makanan yang Kaya Vitamin C


Kakadu Plum

Kakadu Plum Makanan Yang Mengandung Vitamin C Dalam Jumlah Tinggi

Kakadu plum atau terminalia ferdinandiana  merupakan buah asli Australia yang mengandung 100 kali lebih banyak vit C daripada jeruk.

Buah ini mengandung hingga 5.300 mg per 100 gramnya. Hanya satu buah kakadu plum mengandung 481 mg vit C.

Selain mengandung banyak vitamin C, kakadu plum juga kaya akan kalium, vitamin E dan antioksidan lutein, yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Ceri Acerola

Ceri Acerola mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi

Ceri Acerola (Malpighia emarginata) merupakan buah asli bagian utara Amerika Selatan yang juga 100 kali lebih banyak mengandung vit C dibandingkan dengan jeruk.

Dalam setengah cangkir atau 49 gram buah ceri acerola merah mengandung 822 mg vit C.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menggunakan ekstrak acerola telah menunjukkan bahwa buah ini  memiliki sifat melawan kanker, membantu mencegah kerusakan kulit UVB dan bahkan mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh diet yang buruk. Namun, untuk efek ceri acerola terhadap manusia belum ada penelitian yang dilakukan.

Rose Hip

Rose Hip kaya vitamin C

Rose Hip mulai terkenal dikalangan wanita sebagai Rose Hip Oil yang dapat mencegah penuaan dini, setelah berhasil dipopulerkan oleh Kate Middleton.

Buah kecil dengan rasa manis ini dapat memberikan kita 119 mg vit C. Vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen, yang mendukung integritas kulit seiring bertambahnya usia Anda.

Vit C dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit, mengurangi kerutan, kekeringan dan perubahan warna dan meningkatkan penampilan keseluruhannya.

Vitamin C juga membantu penyembuhan luka dan kondisi kulit inflamasi seperti dermatitis.

Cabai

Satu cabai hijau mengandung 109 mg vitamin C, sedangkan satu cabai merah mengandung 65 mg vit C.

Selain itu, cabai kaya akan capsaicin, senyawa yang menimbukan rasa pedas dan panas. Capsaicin ini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Tidak hanya itu, sekitar satu sendok makan (10 gram) bubuk cabai merah dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak.

Jambu biji

Buah tropis berdaging merah muda ini adalah tanaman asli Meksiko dan Amerika Selatan.

Satu jambu biji mengandung 126 mg vit C dan juga kaya akan antioksidan lycopene yang dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

Paprika Kuning

Kandungan vitamin C dari paprika semakin banyak seiiring kematangan mereka bertambah.

Hanya setengah cangkir (75 gram) paprika kuning memberikan 137 mg vit C, yang dua kali lipat lebih banyak daripada paprika hijau.

Mengkonsumsi paprika kuning sangat baik untuk kesehatan mata dan dapat membantu melindungi terhadap perkembangan katarak.

Blackcurrants

Satu setengah cangkir atau sebanyak 56 gram blackcurrant (Ribes nigrum) mengandung 101 mg vit C.

Blackcurrants mengandung flavonoid antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin yang memberi mereka warna gelap yang kaya.

Studi telah menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan seperti vitamin C dan anthocyanin dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker dan penyakit neurodegeneratif.

Thyme

Thyme rempah kaya vitamin C

Thyme merupakan salah satu tanaman famili mint yang berasal dari Mesir.  Beberapa thyme segar memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak daripada jeruk.

Satu ons (28 gram) thyme segar memberikan 45 mg vit C. Bahkan dengan menaburkan 1-2 sendok makan (3-6 gram) thyme segar ke dalam makanan dapat menambah 3,5-7 mg vit C ke dalam makanan Anda, yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Selain itu, thyme merupakan obat yang populer untuk sakit tenggorokan dan pernapasan, thyme juga tinggi vitamin C yang membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, membuat antibodi, menghancurkan virus dan bakteri serta membersihkan sel-sel yang terinfeksi .

Peterseli

Sebanyak 8 gram atau dua sendok makan peterseli segar mengandung 10 mg vit C.

Bersamaan dengan sayuran berdaun hijau lainnya, peterseli adalah sumber signifikan zat besi nabati berbasis nabati.

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi nonheme. Hal ini membantu mencegah dan mengobati anemia defisiensi.

Bayam & Sawi

Satu cangkir bayam atau sawi mentah mengandung 195 mg vitamin C.

Meskipun panas dari masakan menurunkan kandungan vitamin C dalam makanan, satu cangkir sawi hijau yang dimasak masih menyediakan 117 mg vit C.

Seperti banyak sayuran hijau gelap lainnya, bayam dan sawi juga kaya akan vitamin A, kalium, kalsium, mangan, serat, dan folat .

Kale

Satu cangkir kale mentah mengandung 80 mg vit C. Kale juga merupakan pemasok vitamin K dalam jumlah tinggi dan karotenoid lutein dan zeaxanthin.

Meskipun memasak sayuran ini mengurangi kandungan vitamin di dalamnya, sebuah studi menemukan bahwa merebus, menggoreng, atau mengukus sayuran hijau membantu melepaskan lebih banyak antioksidannya. Antioksidan kuat ini dapat membantu mengurangi penyakit radang kronis.

Kiwi

Satu buah kiwi dengan ukuran sedang mengandung 71 mg vitamin C.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah Kiwi yang kaya vit C dapat membantu mengurangi stres oksidatif, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Brokoli

Sayuran dari keluarga kubis ini di dalam setengah cangkirnya yang sudah dimasak terdapat 51 mg vit C.

Sejumlah penelitian observasional telah menunjukkan hubungan yang mungkin antara makan banyak sayuran yang kaya vitamin C dan menurunkan stres oksidatif, menurunkan risiko penyakit radang, meningkatkan imunitas dan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.

Brussels Sprouts

Brussels Sprouts mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi

Brussels sprouts atau kubis brussels merupakan salah satu sayuran dari keluarga kubis-kubisan yang ditumbuhkan untuk diambil kuncupnya.

Satu setengah cangkir brussel sprouts yang dimasak menyediakan 49 mg vitamin C.

Seperti kebanyakan sayuran lainnya, brussel sprouts juga kaya akan serat, vitamin K, folat, vitamin A, mangan, dan kalium.

Vitamin C dan K penting untuk kesehatan tulang. Secara khusus, vit C membantu pembentukan kolagen, yang merupakan bagian berserat tulang kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menemukan bahwa asupan makanan tinggi vit C dikaitkan dengan 26% risiko patah tulang pinggul dan 33% risiko osteoporosis yang berkurang.

Lemon

Lemon diberikan kepada pelaut selama tahun 1700-an untuk mencegah penyakit kudis. Satu lemon mentah, termasuk kulitnya, menyediakan 83 mg vit C.

Vitamin C dalam jus atau perasan lemon juga bertindak sebagai antioksidan.

Ketika buah dan sayuran dipotong, enzim polifenol oksidase terpapar oksigen. Ini memicu oksidasi dan mengubah makanan menjadi cokelat.

Menerapkan perasan lemon ke permukaan sayur dan buah yang dipotong dapat menjaga agar buah dan sayuran tidak berubah menjadi cokelat.

Leci

Satu buah leci menyediakan hampir 7 mg vit C yang berperan dalam sintesis kolagen dan kesehatan pembuluh darah.

Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 , yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah Anda.

Kesemek

Kesemek adalah buah berwarna oranye yang menyerupai tomat. Ada banyak varietas berbeda.

Meskipun kesemek Jepang adalah yang paling populer, kesemek asli Amerika (Diospyros virginiana) mengandung hampir sembilan kali lebih banyak vitamin C. Satu kesemek Amerika mengandung 16,5 mg vit C.

Pepaya

Dalam satu cangkir atau 145 gram pepaya terdapat kandungan 87 mg vit C.

Selain bagus untuk kulit dan darah, vitamin C juga membantu meningkatkan daya ingat dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat di otak.

Stroberi

Satu cangkir potongan stroberi (152 gram) menyediakan 89 mg vit C. Buah stroberi mengandung beragam vitamin C, mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan bermanfaat lainnya.

Studi menunjukkan bahwa karena kandungan antioksidannya yang tinggi, stroberi dapat membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia, penyakit jantung dan diabetes.

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang paling terkenal akan kandungan vitamin C nya. Satu buah jeruk berukuran sedang menyediakan 70 mg vit C.

Buah jeruk lainnya, seperti grapefruit, nipis dan mandarin juga merupakan sumber vitamin ini.


Vit C sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda, jaringan ikat dan kesehatan jantung dan pembuluh darah, di antara banyak peran penting lainnya.

Tidak mendapatkan cukup vitamin ini dapat memiliki efek negatif pada kesehatan Anda.

Dengan mengonsumsi beberapa makanan yang disarankan di atas setiap hari, kebutuhan akan vitamin C dapat terpenuhi.

Pola makan yang kaya vitamin C adalah langkah penting menuju kesehatan yang baik dan pencegahan penyakit.


Posting Komentar untuk "20 Makanan Yang Mengandung Vitamin C Dalam Jumlah Tinggi"