14 Menu Camilan Sehat Ibu Hamil Anti Mual dan Gemuk


14 Menu Camilan Sehat Ibu Hamil Anti Mual dan Gemuk


Pada masa kehamilan, ibu hamil biasanya akan merasa lebih lapar. Untuk itu, ibu hamil  dianjurkan untuk mengonsumsi camilan/ cemilan jika merasa lapar.

Ada banyak camilan yang bisa dikonsumsi, namun camilan yang dikonsumsi ibu hamil  harus mencukupi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil  dan juga bayi yang tengah dikandungnya. Bukan hanya mengenyangkan, namun juga menyehatkan.

Camilan yang mengandung MSG atau zat aditif lainnya harus dihindari oleh ibu hamil. Camilan tinggi lemak dan gula, seperti minuman soda, keik, krim, minyak dan mentega juga sebaiknya dibatasi.

14 Menu Camilan Sehat Ibu Hamil Anti Mual dan Gemuk

Berikut ini adalah beberapa menu dan jenis makanan yang bisa dijadikan camilan ibu hamil  pada trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga.

Camilan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Pada trimester pertama, camilan ibu hamil sebaiknya yang dapat menekan rasa lapar. Pasalnya, ibu hamil akan mengalami peningkatan rasa lapar di periode ini.

Buah-Buahan Segar

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang wajib dimasukan ke dalam list camilan ibu hamil. Buah-buahan dapat menjadi sumber energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Yogurt

Pada yogurt terdapat kandungan kalsium dan protein yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi ibu hamil serta pembentukan tulang, otot, dan jaringan tubuh pada janin.

Yogurt juga mengandung sifat probiotik yang mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi  sehingga risiko persalinan prematur, risiko infeksi pada masa kehamilan, eksim dan alergi pada bayi dapat berkurang.

Sifat probiotik pada yogurt juga menjadikannya sebagai camilan ibu hamil agar tidak mual atau morning sickness  yang hampir pasti dialami ibu hamil di awal-awal masa kehamilan.

Smoothies

Untuk ibu hamil yang enggan mengonsumsi buah segar, ibu dapat mengolahnya menjadi smoothies. Perpaduan antara buah segar dan yogurt ini sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Selain itu, smoothies juga cocok menjadi camilan ibu hamil agar tidak gemuk karena minuman sehat ini kaya akan kandungan karbohidrat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

Salad Sayur

Sayur-sayuran sarat akan kandungan vitamin, mineral, dan serat. Sayuran hijau seperti sawi dan bayam memiliki kandungan vitamin A, C, B dan K serta sejumlah mineral semisal kalsium, zat besi, dan asam folat yang sangat diperlukan untuk kesehatan ibu dan janin.

Keju

Keju padat seperti cheddar, parmesan, atau  swiss sangat baik untuk menjadi camilan ibu hamil.

Vitamin A yang ada di dalam keju sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menunjang perkembangan otak dan organ-organ tubuh yang lain, serta mengoptimalkan perkembangan sel-sel saraf pada janin.

Kandungan vitamin dan protein pada keju juga berperan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Ubi

Ubi mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, mineral copper (tembaga), dan beta karoten yang di dalam tubuh di ubah menjadi vitamin A. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin A sangat baik untuk pertumbuhan janin.

Pada ubi juga terdapat kandungan serta yang berguna mencegah gangguan pencernaan konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

Telur

Telur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, salah satunya yaitu kolin yang bermanfaat membantu perkembangan otak janin.

Ada baiknya menjadikan telur rebus sebagai camilan karena kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya masih utuh dibandingkan jika digoreng.

Popcorn

Popcorn dapat menjadi camilan ibu hamil yang dapat membantu meringankan sembelit karena kaya akan kandungan serat. Namun, hindari membuat popcorn dengan mentega atau garam secara berlebihan.

Camilan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua

Pada trimester kedua, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi camilan ibu hamil trimester pertama dan ditambah dengan makanan-makanan yang mengandung zat-zat seperti kalsium, zat besi, folat, protein, asam lemak omega-3, dan vitamin D seperti berikut ini.

Jus Buah

Jus buah dapat menjadi sumber vitamin yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin mulai dari organ tubuh, tulang, dan sistem saraf.

Jus buah juga dapat membantu ibu hamil untuk tetap menjaga berat badannya, karena di dalam buah-buahan terdapat kandungan serat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga frekuensi makan dapat terkendali.

Untuk ibu hamil yang sering mual juga dapat mengonsumsi jus buah seperti pisang.

Roti Gandum

Roti gandum kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ibu hamil dapat memakan roti gandum dengan selai dan atau susu.

Roti gandum juga sangat cocok dijadikan camilan ibu hamil yang takut gemuk karena kandungan serat yang ada di dalam roti memberikan efek kenyang lebih lama.

Oatmeal

Oatmeal merupakan camilan sehat ibu hamil yang memiliki kandungan protein, karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi. Tidak hanya itu, oatmeal juga mengandung magnesium dan mineral zinc yang cukup tinggi.

Kandungan protein yang terdapat pada oatmeal sangat baik untuk perkembangan tulang dan jaringan pada janin. Selain itu, magnesium yang ada pada oatmeal bermanfaat dalam fungsi kekebalan tubuh, otot dan saraf.

Sementara itu, kandungan zinc dalam oatmeal bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan pembentukan DNA pada janin.

Sama dengan roti gandum, oats juga memberikan efek kenyang lebih lama yang cocok dijadikan camilan tanpa takut gemuk. Ibu hamil dapat menambahkan buah-buahan seperti beri dan jeruk ke dalam oats agar rasanya lebih enak dan nutrisinya semakin lengkap.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan vitamin yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf janin.

Cemilan Sehat Ibu Hamil Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga, ibu hamil harus lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi makanan. Ibu hamil juga membutuhkan setidaknya tambahan 500 kalori pada periode ini.

Ibu hamil tetap dianjurkan mengonsumsi buah-buahan segar, keju, telur, yogurt dan kacang-kacangan. Selain itu, ibu hamil dapat menambahkan buah kering dan cokelat hitam.

Buah Kering

Buah kering bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan tubuh ibu hamil akan kalori. Kandungan serat yang ada pada buah kering juga dapat melindungi ibu hamil dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

Pilihlah buah kering yang mengandung sedikit gula dan tidak lebih lebih dari satu porsi per hari agar konsumsi gula pada ibu hamil tidak berlebih.

Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Selain menambah energy, cokelat bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah ibu hamil, sehingga dipercaya dapat membantu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan preeklamsia.

Demikianlah info tentang camilan-camilan sehat yang dapat dikonsumsi ibu hamil. Ibu dapat mengkreasikan jenis-jenis makanan di atas menjadi berbagai macam menu yang dikira lebih enak untuk ibu hamil. Yang terpenting, tetap menjaga nutrisi dari makanan-makanan tersebut. Semoga bermanfaat.





Posting Komentar untuk "14 Menu Camilan Sehat Ibu Hamil Anti Mual dan Gemuk"