10 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Dalam Jumlah Tinggi

10 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Dalam Jumlah Tinggi


Vitamin D atau Vit D merupakan satu-satunya nutrisi yang dapat diproduksi tubuh, yaitu saat terkena sinar matahari. Vitamin ini diperlukan dalam penyerapan kalsium, yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Namun, banyak orang yang mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari dan kekurangan vitamin D.

Sebagian orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, memakai tabir surya di luar, dan makan makanan yang rendah vit D.

Anak-anak dan orang dewasa berusia 1-70 membutuhkan sekitar 600 IU vit D per hari, dan itu bisa berasal dari kombinasi sumber makanan dan sinar matahari. Sementara itu, orang dewasa berusia di atas 70 harus menargetkan setidaknya 800 IU (20 mcg) vit D per hari.

Berikut adalah 10 makanan sehat yang mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi, seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi Amerika Taylor Jones, RD dari Healthline.

10 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Dalam Jumlah Tinggi

10 Makanan yang Kaya Vitamin D


Salmon

Salmon merupakan ikan berlemak yang terkenal sebagai sumber vitamin D. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) ikan salmon yang dibudidayakan mengandung 250 IU vit D atau 42% dari kebutuhan harian.

Untuk ikan salmon hasil tangkapan liar lebih banyak mengandung vit D. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) ikan salmon mengandung 988 IU vit D (164% DV) bahkan lebih.

Minyak Hati Ikan Kod


Minyak Ikan Kod Mengandung Vitamin D Dalam Jumlah Tinggi

Minyak hati ikan kod merupakan suplemen yang populer. Jika Anda tidak suka makan ikan, Anda dapat mengonsumsi minyak ikan kod untuk memenuhi kebutuhan vitamin D Anda.

Satu sendok teh atau 4,9 ml minyak hati ikan kod menyediakan sekitar 448 IU vit D (81% DV).

Selain kaya akan kandungan vit D, minyak hati ikan kod kaya akan kandungan vitamin A dan asam lemak omega-3.

Tuna kaleng

Tuna kaleng kini mulai banyak digunakan sebagai bahan makanan di Indonesia. Harganya yang lebih murah dibandingkan dengan membeli ikan segar, rasanya yang tetap enak dan metode penyimpanannya yang mudah menjadikan alasan tuna kaleng diminati.

Tuna kaleng ringan mengemas hingga 268 IU vit D dalam porsi 3,5 ons (100 gram), yang mampu memenuhi 45% kebutuhan harian akan vitamin A.

Selain itu, tuna kaleng juga merupakan sumber vitamin B3 dan vitamin K yang baik.

Namun, mengonsumsi tuna kaleng terlalu banyak juga tidak dianjurkan, karena tuna kaleng mengandung methylmercury, racun yang ditemukan di banyak jenis ikan.

Pilih tuna ringan dan makanlah 6 ons (170 gram) atau kurang per minggu untuk mencegah penumpukan methylmercury.

Ikan Haring dan Sarden

Ikan haring atau herring juga merupakan salah satu sumber vitamin D yang baik.

Ikan haring Atlantik segar menyediakan 216 IU per 3,5 ons (100 gram) sajian, yang merupakan 36% dari kebutuhan harian vit D.

Ikan sarden kalengan juga merupakan sumber vit D yang baik. Satu kaleng ikan sarden (3,8 ons) mengandung 177 IU vit D, atau 22% dari kebutuhan harian.

Jenis ikan berlemak lainnya seperti ikan halibut dan makarel juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Kedua jenis ikan ini masing-masing menyediakan 384 IU dan 360 IU vit D per setengah fillet.

Kuning telur

Selain mengonsumsi ikan laut, kita dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin D dengan mengonsumsi telur.

Bagian kuning telur mengandung 37 IU vit D atau setara dengan 7% kebutuhan harian vit D.

Untuk telur dari ayam yang diberi pakan kaya vit D dapat memiliki hingga 6.000 IU vit D per kuningnya. Sayangnya kita tidak mengetahui bagaimana pakan yang diberikan kepada ayam ternak yang telurnya kita konsumsi.

Jamur

Seperti halnya manusia, jamur dapat mensintesis vitamin D ketika terkena sinar matahari.

Namun, berbeda dengan sumber makanan hewani yang menghasilkan vitamin D3, jamur menghasilkan vitamin D2 yang tidak seefektif vitamin D3.

Meskipun demikian, jamur liar adalah sumber vitamin D2 yang sangat baik. Bahkan, beberapa varietas jamur mengandung hingga 2.300 IU per porsi 3,5 ons (100 gram), tiga kali lipat lebih banyak dari kebutuhan harian.

Untuk jamur yang ditanam secara komersial sering tumbuh di tempat gelap dan mengandung sangat sedikit vitamin D2. Tetapi ada banyak juga petani jamur yang menggunakan sinar ultraviolet (sinar UV), sehingga jamur ini dapat menyediakan 130-450 IU vitamin D2 per 3,5 ons (100 gram).

Susu Sapi

Jenis susu yang paling umum dikonsumsi ini merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk kalsium, fosfor, dan riboflavin. Susu sapi juga diperkaya dengan vit D sekitar 115-130 IU per cangkir (237 ml), atau sekitar 19–22% dari kebutuhan harian.

Susu Kedelai

Selain susu sapi, produk susu kedelai juga diperkaya dengan vitamin D. Satu cangkir (237 ml) susu kedelai biasanya mengandung 107-117 IU vit D, atau 18–20% dari kebutuhan harian.

Jus Jeruk

Ada beberapa produk jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D sebanyak 100 IU tiap satu cangkir (237 ml) atau 17% dari kebutuhan harian.

Sereal dan oatmeal

Sereal dan oatmeal juga diperkaya dengan vitamin D. Setengah cangkir (78 gram) sereal menyediakan 54–136 IU, atau 9%-23% dari kebutuhan harian.


Itulah daftar makanan-makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi. Mendapatkan sinar matahari dan makanan-makanan yang kaya akan vitamin D dapat memenuhi kebutuhan harian, sehingga kesehatan tulang dan gigi terjaga.

Posting Komentar untuk "10 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Dalam Jumlah Tinggi"